Mengingat 5 Pulau Besar di Indonesia dengan Peta Daun

Metode ini saya dapat saat ikut kegiatan Sekolah Alam Bengawan Solo (SABS) Klaten #30JamSoloDiMata. Jadi, agenda #30JamSoloDiMata ini merupakan kegiatan untuk mengenal kota Solo dengan menyusuri jalan dari Taman Balekambang-Manahan-Pasar Nongko-Kampus UNS. Tidak hanya sekedar menyusuri jalan, anak-anak ini juga mempunyai misi untuk mengenal bangunan, benda-benda maupun masyarakat Solo. Sebelum pemberangkatan, anak-anak diminta untuk mengumpulkan 5 daun yang akan dibuat peta 5 pulau besar di Indonesia. Anak-anak bisa kerkreasi untuk mencari daun yang mirip dengan bentuk- bentuk pulau di Indonesia.
Kegiatan menyusun peta tersebut kemudian saya coba terapkan saat di kelas saya sedang membahas tentang Indonesia. Sebelumnya, di kelas 3 memang sudah ada pelajaran untuk mengenal pulau-pulau di Indonesia melalui peta, tapi setelah peta ditutup ternyata tidak semua siswa bisa mengingat pulau-pulau di Indonesia, meskipun hanya 5 pulau besar yaitu Sumatra; Jawa; Kalimantan; Sulawesi; dan Papua. Akhirnya, saya minta anak-anak berkelompok untuk mencari 5 daun yang menurut mereka menyerupai bentuk-bentuk pulau di Indonesia. Hasilnya? bermacam-macam :
2014-08-05 09.30.392014-08-05 09.32.17Dari kegiatan ini ternyata anak-anak bisa lebih mengingat nama-nama 5 pulau besar di Indonesia sekaligus bentuk dan posisinya. Dari alam, sangat membantu anak-anak belajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s